Dashboard | Dinas Pariwisata
  • Home /
  • Berita Dinas Pariwisata

Pelatihan Manajemen Homestay (Rumah Wisata) Tahun 2020






Kabupaten Fakfak memiliki banyak potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi, seperti Air Kiti – kiti, Pantai Toran, Kali Ubadari, Pulau Ugar dan masih banyak lagi yang tidak kalah mempesona. Sarana dan prasarana pariwisata sangat diperlukan untuk menunjang potensi yang ada, antara lain tempat menginap baik hotel, penginapan maupun homestay. Dalam perkembangannya, bisnis homestay di Kabupaten Fakfak masih terkesan sangat lambat dan penyebarannya masih terpusat di dalam kota saja. Hal ini yang mendorong Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) Non Fisik menyelenggarakan Kegiatan Pelatihan Manajemen Homestay (Rumah Wisata) dengan tujuan memberikan motivasi dan inspirasi kepada masyarakat di lokasi wisata agar dapat mengembangkan diri dan potensi yang ada serta diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi perekonomian di lokasi wisata maupun di kampung tersebut.

Adapun tujuan dari Pelatihan Manajemen Homestay (Rumah Wisata) antara lain adalah memberikan pengetahuan dan pemahaman tentang kepariwisataan, meningkatkan kemampuan dan ketrampilan peserta dalam mengelola bisnis homestay agar bisa meningkatkan kualitas destinasi wisata serta meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang pariwisata.

Materi dalam Pelatihan Manjemen Homestay (Runah Wisata) disampaikan oleh narasumber yaitu Prayogo P.B Kusuma, S.Kel, M.Si yang merupakan Ketua DPC Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Fakfak. Dalam materinya Prayogo menyampaikan materi tentang Dasar – dasar Manajemen Homestay, yang didalamnya membahas bagaimana memulai usaha homestay, merencanakan, mengelola serta memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar.

Narasumber yang kedua yaitu Seiya Saleda dari Conservation International Indonesia yang menyampaikan materi tentang Pariwisata Berkelanjutan serta Dampak Pariwisata.