Dashboard | Dinas Pariwisata
  • Home /
  • Berita Dinas Pariwisata

Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata Tahun 2020






Kabupaten Fakfak merupakan salah satu kabupaten di Propinsi Papua Barat yang memiliki potensi wisata yang tidak kalah mempesona dan menarik untuk dikunjungi. Kondisi ini yang mendorong masyarakat sekitar untuk mengelola potensi wisata tersebut. Oleh karena itu Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Fakfak melaksanakan Kegiatan Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata dengan harapan dapat mendorong pembangunan kepariwisataan di destinasi wisata dan meningkatkan sumber daya manusia khususnya di bidang pariwisata.
Adapun tujuan dari Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata antara lain adalah meningkatkan daya saing dan kemampuan sumber daya manusia serta stake holder yang ada di kampung dalam merencanakan, mendata dan menata potensi wisata yang ada di tempatnya sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan dan dapat menggerakan perekonomian yang ada di kampung.
Pelatihan ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari mulai dari tanggal 6 – 8 November 2020 bertempat di Hotel Grand Papua Fakfak.
Materi dalam Pelatihan Tata Kelola Destinasi Wisata disampaikan oleh 3 (tiga) narasumber yaitu Ina Herliana Koswara, Ir., MSc dari Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) Institut Teknologi Bandung. Beliau dalam materinya membahas tentang Pengantar Pariwisata dan Tata Kelola Destinasi Wisata, Pengelolaan Atraksi, Pengelolaan Pengunjung serta Kemitraan dalam Tata Kelola Destinasi Wisata.
Narasumber yang kedua yaitu M. Gufron yang juga berasal dari Pusat Perencanaan dan Pengembangan Kepariwisataan (P-P2Par) Institut Teknologi Bandung, membahas tentang Pengelolaan Aksesibilitas dan Amenitas.
Kemudian narasumber yang terakhir adalah Seiya Saleda dari Conservation International Indonesia yang menyampaikan materi Dampak Pariwisata.